Biru itu

Tema untuk #8MingguNgeblog minggu ini cukup menantang buat saya. Karena sampai detik ini, saya belum mempunyai ide untuk saya tulis. Berfikir untuk menyerah tapi rasanya sayang juga. Sudah setengah jalan untuk mengakhiri semuanya. Sebenarnya temanya sederhana, tentang warna. Dan setiap orang pasti punya warna favorit. Pun begitu juga dengan saya. Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat.

Biru merupakan warna favorit saya sejak kecil. Setiap melihat warna biru, kesannya begitu teduh. Apalagi menatap langit biru.  Mungkin itu sebagian alasan saya menyukai biru. Setiap membeli sesuatu pasti yang pertama saya cari adalah warna biru. Mulai dari pakaian hingga barang-barang kecil. Semua barang yang saya miliki didominasi oleh warna biru. Hingga warna kamar selalu memilih warna biru. Tapi bukan berarti saya tidak mempunyai warna lain. Seiring waktu saya mulai menyukai warna lain. Bukan hanya biru melulu. Saya mulai menyukai dan mengoleksi beberapa warna yang menarik tapi tetap biru menjadi warna paling favorit.

Saking sukanya saya dengan warna biru, sehingga kadang tanpa saya sadari telah memaksa orang lain untuk menyukai warna biru. Misalkan membelikan baju untuk keponakan-keponakan saya, warna yang saya pilih untuk mereka tidak jauh-jauh dari warna biru. Dan itu selalu berulang. Tapi mereka pasrah saja tanpa protes. Ya iyalah “gratis” 🙂

Warna biru sama saja dengan warna-warna  seperti hijau, kuning, merah dan warna lainnya yang ada. Setiap orang berhak menyukai dan memilih warna yang diinginkannya. Begitu pula dengan warna biru, bagaimana jika langit berwarna merah? Pasti tidak enak dipandang dan membuat suasana akan menjadi lebih berbeda.

Konon katanya warna bisa menggambarkan kepribadian kita. Seperti halnya manusia, setiap warna memiliki karakter tersendiri yang unik dan berbeda satu sama lain. Karakter yang dimiliki masing-masing warna diyakini dapat mewakili kepribadian yang ada pada diri kita. Dari hasil ubek-ubek om Google, saya menemukan beberapa makna yang menggambarkan karakter seseorang tentang warna biru. Baiklah….mari kita bahas.

Menurut wikipedia biru merupakan salah satu dari tiga warna primer additif selain merah dan kuning. Biru adalah warna langit dan sering pula digunakan untuk menggambarkan warna laut. Warna biru merupakan salah satu warna yang sering dijumpai. Biru merupakan warna langit karena pantulan warna langit. Air dalam kuantitas yang banyak kelihatan biru karena cahaya merah (kira-kira 750 milimeter) diserap oleh molekul air. Namun ada pula yang menganggap bahwa warna biru tersebut berasal dari kehidupan plankton di bawah laut.

Seseorang yang menyukai warna biru adalah type orang yang memiliki sifat tenang dan lembut. Pada umumnya warna biru ini tidak hanya digemari oleh kaum wanita saja tetapi juga sebagian besar kaum pria. Warna biru merupakan warna yang netral dan dapat dipakai oleh siapa saja. Dari berbagai tingkatan warna yang ada, warna biru ini dapat terbagi menjadi beberapa spektrum warna dari muda hingga biru tua.

Pakaian biru yang dikenakan seseorang memperlihatkan kesan casual, tenang dan berkharismatik. Biasanya pada wanita, warna biru membuat penampilan mereka menjadi lebih cerah dan menarik perhatian. Warna biru ini juga sebenarnya lebih memperlihatkan sebuah kepribadian yang tenang juga terkesan dingin. Tetapi warna biru juga dapat memperlihatkan sisi perasaan kita yang dapat terlihat oleh orang lain. Sulit memang mengartikan sebuah warna dengan perasaan yang dimiliki. Terkadang warna biru digunakan untuk mewakili perasaan sayang kita terhadap orang lain, namun juga bisa menyampaikan rasa sedih.

Pemakaian warna biru pada ruangan baik di rumah maupun di kantor, menimbulkan kesan dingin dan luas. Biasanya warna biru ini memperlihatkan kesan yang mendalam seperti melihat laut yang berwarna biru pada waktu siang hari. Juga warna biru diyakini ramah dengan mata manusia. Biru diyakini meneduhkan penglihatan dan menenangkan pikiran. Apapun yang berwarna biru bermakna kebebasan, lega dan menyejukkan. Karena warna biru juga tak heran laut dan pantai dijadikan sebagai tempat wisata favorit yang dapat meredakan stres. Duduk-duduk di pinggir pantai sambil mendengarkan deburan ombak dan memandang lautan sudah lebih dari cukup untuk melemaskan syaraf-syaraf otak akibat rutinitas hidup.

Salah satu sifat yang dimiliki oleh warna biru adalah aura yang paling perasa di antara semua warna aura. Orang beraura biru mudah mengeluarkan air mata dalam keadaan marah, sedih, maupun senang. Ia mementingkan hati dan perasaan, suka melindungi, hangat, dan penuh kasih sayang. Tujuan hidupnya di dunia ini adalah memberi cinta, mengajarkan kasih dan belajar mencintai. Ia ingin semua orang merasa dicintai dan diterima. Dia tidak segan-segan mencurahkan waktu dan tenaga untuk teman-teman yang membutuhkan.

Nah…apa pun dan bagaimana pun sifatnya biru, saya akan selalu menjadikannya urutan pertama di antara semua warna. Karena setiap merasa galau, sedih dan down penawarnya hanya satu yaitu menatap langit biru dalam waktu lama. Setelah puas menatap langit, saya merasa mempunyai energi baru. Merasa kecil, apa yang saya alami dan hadapi tidak ada apa-apanya dibanding langit yang luas. Biru membuat saya semangat. Bagaimana dengan anda?

24 thoughts on “Biru itu

  1. Hidup BIRUUUU…. I Love Biru… terutama biru langit dan laut apalagi jika memandang mereka bertemu pada sebuah garis horizon, cantik dan memberi rasa lapang dan lega….. Salam kenal Mba.

Leave a Reply

