Asean Blogger Festival 2013 : Solo, Here We Come

Tulisan ini saya ikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, pekan ketujuh

Ini kali kedua saya menginjakkan kaki di Kota Solo. Sebelumnya saya pernah ke kota ini tapi hanya mampir ke Pasar Klewer dan Keraton  Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tak pernah terpikir sebelumnya kalau dalam waktu dekat akan berkunjung ke Solo. Kedatangan saya kali ini bukan semata untuk travelling tapi menjadi wakil dari Anging Mammiri pada event Asean Blogger Festival Indonesia yang dihelat di Kota Solo. Tidak ada persiapan apa-apa sebelum berangkat. Saya hanya modal pasrah dan sedikit nekad. Biasanya, sebelum jalan-jalan saya menyiapkan itenerary agar memudahkan apa saja yang akan saya lakukan di kota tujuan.

Seandainya saya tidak ngeblog

Excited…itu sudah pasti. Pertama karena jalan-jalan kali ini gratis, siapa sih yang tidak senang gratisan 😀 Kedua karena akan bertemu dengan teman-teman baru yang bukan saja datangnya dari Indonesia tetapi dari seluruh perwakilan negara-negara Asean. Ketiga, pastinya menambah ilmu dan pengalaman dalam dunia blogging. Dan masih banyak lagi hal-hal positif lainnya. Hari pertama dilalui dengan berbagai macam drama dan akhirnya bisa tiba dengan selamat di kota Solo. Ceritanya bisa disimak disini.

Sesaat saya merenung, seandainya tidak pernah mengenal blog. Mungkin malam itu saya tidak pernah hadir di Solo dan bergabung dengan blogger-blogger dari seluruh Indonesia dan negara-negara Asean. Tidak akan pernah merasakan bagaimana euforianya bertemu dengan teman-teman yang dikenal melalui ranah maya dan akhirnya bisa bersua secara langsung di ranah nyata. Yang dulunya mengenal mereka hanya melalui tulisan-tulisannya. Jalinan persahabatan dan kekeluargaan yang mewarnai pertemuan kami.

Blusukan ke Bengawan Solo :D

Blusukan ke Bengawan Solo 😀

Bertemu teman-teman baru

Adalah saya, Nanie, Rara, Kang Iwok, Ragil dan Meity. Kami menamakan diri dengan Partner in Crimenya ABFI 2013. Secara tidak sengaja menjadi akrab dengan mereka. Saya, Nanie dan Rara memang sudah tidak dipertanyakan kenapa kami akrab dan dekat. Sementara Kang Iwok, Ragil dan Meity adalah teman-teman yang saya kenal dari forum blogfam. Solo dan ABFI yang mendekatkan dan mengakrabkan kami. Semuanya mengalir begitu saja. Mengenal mereka, rahang menjadi perih karena kebanyakan ngakak.

partner in crime

partner in crime

Selepas acara gala dinner di Loji Gandrung, kami sepakat untuk menikmati Kota Solo saat malam hari. Di sini semuanya bermula. Mengunjungi suatu tempat tanpa mencari kuliner khas adalah kesalahan besar jika dilewatkan begitu saja. Tidak perduli badan butuh istirahat selepas menempuh perjalanan jauh. Setelah check in dan mendapatkan jatah kamar, saya sempat mandi dulu. Lalu melanjutkan aksi untuk menjelahi Kota Solo. Bersama Rara, Kang Iwok, Ragil dan Ahmad Fadli (Blogger dari Malaysia) berjalan kaki menelusuri  jalan dan dipandu peta.  Kali ini Nanie tidak ikut karena harus menuntaskan pekerjaan yang dia bawa dari Makassar.

Photo by Meity

Photo by Meity

Tujuan kami adalah mencari nasi liwet Bu Wongso Lemu yang ada di Jalan Keprabon. Sesaat kami tiba di Keprabon, ternyata Meity menyusul bersama Kang Gery. Semakin rame dong tentunya. Hmm nasi liwet Bu Wongso sepertinya mengunggah selera. Tapi saya tidak mencoba mencicipinya karena masih kenyang sehabis mencicipi berbagai macam sajian makanan yang disajikan di Loji Gandrung. Saya hanya memesan es jeruk untuk menghilangkan dahaga selepas berjalan kaki dari hotel ke jalan Keprabon. Saya pikir, masih ada waktu 3 hari ke depan untuk menjajal kuliner khas Solo.

Hampir tengah malam, kami kembali ke hotel dengan perut kenyang. Bersiap tidur sebab besoknya masih banyak kegiatan ABFI yang harus diikuti. Solo…..here we come…!!!

 

35 thoughts on “Asean Blogger Festival 2013 : Solo, Here We Come

  1. Dan aku yang sejak Rabu menginjak Solo, sampai pulang belum sempat mencoba nasi liwet bu Wongso itu. Pikiran cuma tertuju sama acara, acara dan acara. *soksibuk :))) Tapi alhamdulillah masih bisa menikmati Galabo dan sate buntel. Sedihnya lagi, waktu interaksi bersama teman2 sedikit berkurang. Eniwey, senang bisa kenal mak Irha 🙂 semoga bisa silaturahmi lagi ya

    • Kalo participant sih pikirannya hanya kopdar dan makan-makan..hahaha….tapi kita kan selalu saja bertemu di mana saja sampe di jogja malah…hihihi….

  2. Mmmhh….benar-benar menyenangkan kalau rajin ngeblog, dan juga berat badan nambah jika ada acara2 seperti ini, hehhee…, kidding..,

    congrats Irha.., this is really menyenangkan..

  3. waaah mbaknya ikut juga yaaa? banyak teman blogger saya yang ke sana. sayang sekali saya gak bisa ikutan karena harus pulang ke jatim 🙂

    senang sekali deh mbaknya bisa ke solo lagi karena event ini. pasti jadi pengalaman tak terlupakan ya. apalgi tertuang di blog, sampai anak cucu pun besok bisa membaca pengalaman mbak ini ^^

    tetap semangat ngeblog yaaa

    salam manis,
    arga litha

  4. wisata kuliner buatku i2 wajib lho mba Ira, biar kata aku dah gendut, i don’t care, yg penting makan dulu, urusan gendut nanti dipikirkan, hehehehe 😀

  5. wisata kuliner i2 wajib mba, sama kayak aku, biar kata body sudah bohay kek diriku ini tapi cuek ajah, urusan gendut belakangan aj dulu, hehehehe 😀

Leave a Reply

