Kenapa Harus Ambon?

Indonesia tak hanya tanah Jawa. Indonesia memiliki banyak tempat yang tak kalah memukaunya. Inilah salah satu alasan untuk saya sehingga memilih Ambon sebagai destinasi jalan-jalan kali ini. Selain karna saya sudah beberapa kali menjejakkan kaki di tanah Jawa, maka tidak salah kalau memilih kota yang berada di timur Indonesia ini.

Banyak teman-teman yang bertanya setelah tahu saya akan ke Ambon. Kenapa harus ke Ambon? Jawaban saya cukup simpel “karna saya mempunyai niat ingin khatam mengelilingi Indonesia dan Ambon adalah satu kota yang ada di Indonesia serta termasuk dekat dari Makassar. Dekat karena hanya butuh sekali penerbangan dengan waktu ±2 jam untuk sampai ke sana.

Bagaimana bisa mewujudkan niat saya tersebut kalau tidak memulainya. Gayung bersambut, beberapa waktu lalu saya menerima ajakan @rara79 untuk berkunjung ke kampung halaman Pattimura berasal. Kebetulan di sana akan ada event yang akan dihadiri oleh @rara79 untuk mewakili Mozilla Indonesia.

Awalnya saya agak ragu. Ragu karena timingnya tidak pas. Makanya saya tidak serta merta mengiyakan ajakan itu. Dilema antara memilih Hongkong atau Ambon atau tidak ke mana-mana sama sekali. Pada saat yang bersamaan, event Blackberry Jam Asia akan diselenggarakan di Hongkong. Meragu adalah hal yang wajar bagi manusia. Pun begitu juga dengan saya. Kabar yang berhembus bahwa pada tanggal 3 Oktober 2013 akan diselenggarakan ujian tes CPNS untuk Jalur umum dan Honorer kategori II. Dan saya harus mengikuti tes itu. Tentunya masa depan yang menjadi pilihan. Jika saya paksakan untuk jalan-jalan sebelum tes CPNS diadakan, bisa jadi saya akan kehilangan konsentrasi mengikuti tes. Hal terburuknya bisa jadi saya akan kehilangan kesempatan. Maka saya memutuskan untuk tidak ke mana-mana sebelum tes itu dilaksanakan. Dengan berat hati saya berusaha ikhlas . Hongkong saya skip dan berusaha untuk tidak tergoda.

Waktu berlalu, ternyata tes CPNS itu diundur lagi hingga bulan November. Kebenaran kabar itu saya dapatkan seminggu sebelum keberangkatan rombongan Isat-bb ke Hongkong. Jujur saja, saya masih tidak rela untuk melepaskan kesempatan itu. Tetapi setelah mencari informasi dan membaca semua email yang berseliweran di milis, saya sudah terlambat untuk mengejarnya. Akhirnya saya benar-benar harus ikhlas melepaskan kesempatan yang ada itu.

Akan ada hikmah di setiap kejadian. Saya percaya quote itu. Tak lama berselang, @rara79 mengirim pesan melalui WhatsApp. Menawarkan kembali jalan-jalan ke Ambon. Tanpa pikir panjang, saya pun mengiyakan. Hati kecil saya berkata “kali ini tidak boleh ada penyesalan untuk kali kedua”. Untuk mewujudkan impian mengelilingi Indonesia dimulai dari sini. Mungkin takdir saya memang harus ke Ambon, bukan ke Hongkong. *menghibur diri*

Ambon…..sambutlah kedatangan kami 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Kenapa Harus Ambon?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s