Peran Komunitas dalam Forum iCITY

Dalam masa kekinian sarana komunikasi yang semakin canggih menjadi fenomena baru dalam masyarakat yang sangat menarik untuk dibahas. Dengan semakin berkembangnya informasi dengan pesat, tentunya  gadget bukan merupakan barang mahal dan mewah lagi. Hampir semua orang terlihat menenteng gadgetnya ke mana-mana. Pun begitu, kemajuan teknologi tidak selalu membawa dampak positif tetapi bisa juga berdampak negatif. Dengan kehadiran gadget yang semakin hari semakin canggih, tentunya memberikan banyak manfaat. Misalnya dapat memudahkan pekerjaan dan membuat komunikasi semakin lancar dengan kerabat ataupun kolega.

Gadget dengan ukuran yang terbilang kecil, memudahkan kita membawanya kapanpun dan di manapun. Hal seperti inilah yang kadang membuat kita tidak bisa terlepas jauh dengan gadget. Ada kecendrungan yang seolah-olah membuat gadget tidak bisa terpisahkan dari aktifitas manusia. Dan secara tidak sadar manusia sudah mengalami ketergantungan menggunakan gadget. Contoh kecil yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone. Sehari tanpa handphone rasanya ada yang kurang dalam hidup ini.

Pengalaman saya selaku pemakai gadget, sekali waktu  pernah kelupaan membawa blackberry ke kantor. Mau ngga mau saya memilih untuk pulang ke rumah mengambilnya. Di lain waktu saya kelupaan membawa dompet ke kantor, saat menyadarinya saya tidak serta merta berusaha pulang ke rumah. Berbeda saat kelupaan membawa blackberry, sontak saya memutar arah pulang ke rumah. Jadi kesimpulannya saya tidak bisa jauh dari gadget  meskipun harus puasa jajan di kantin kantor 🙂

Hidup dengan gadget canggih di masa kekinian tentunya harus mempunyai wawasan dan pengetahuan tentang gadget itu. Dengan bermunculannya berbagai macam type dan merk membuat kita terkadang bingung harus memilih yang mana. Memilih gadget tak semudah membeli permen di warung. Jika sudah memilih gadget apa yang cocok, masalah baru akan bermunculan. Misalnya, bagaimana sih mengoperasikan smartphone yang canggih itu atau masalah signal yang kadang tidak mau berkompromi hingga masalah hardware dan software dari smartphone tersebut.

Nah berkaca dari pengalaman itu, peran penting komunitas sangat dibutuhkan. Sejatinya komunitas adalah wadah untuk berkumpulnya orang-orang yang mempunyai ketertarikan dan minat yang sama. Dalam dunia gadget, komunitaspun bemunculan. Dan melihat kondisi itu, Indosat hadir membawa solusi baru dengan meluncurkan Forum iCITY bagi seluruh komunitas penggunanya. Forum iCITY yang dulu dikenal dengan Forum Ngobrol Bareng merupakan crowd sourcing platform pertama di Asia Pasifik. Crowd sourcing platform sendiri adalah sebuah platform yang menjadi forum atau media komunikasi yang memungkinkan para anggotanya dapat saling mencari informasi, solusi dan berbagi pengalaman. Wow….keren kan?

Bukan hanya itu, Forum iCITY juga merupakan pelopor online forum khusus pengguna Telco di Indonesia. Lalu…bagaimana caranya mengakses forum berbasis solusi itu? Gampang….cukup arahkan kursor ke halaman browser dan ketikkan http://icity.indosat.com. Simpel bukan?

Forum iCITY sebagai Online Support Community mempunyai empat kategori utama. Terdiri dari Bank Solusi, Blog dan Panduan, Gadget, Indosat Services serta Komunitas. Adapun lalu lintas aktifitas dalam forum ICITY yang ditawarkan adalah Tanya Komunitas, Cari Solusi, Info Gadget, Info Indosat dan Dukungan Komunitas.

Jika sudah terdaftar sebagai anggota dalam forum iCITY, maka secara resmi bergabung dalam komunitas Indosat. Komunitas Indosat adalah salah satu komunitas keren yang saya kenal. Semangat berbagi dan kekeluargaannya patut diacungi jempol. Meskipun berlabel Indosat tetapi tidak menutup bagi pengguna operator lain untuk bergabung dan berinteraksi. Indosat Community terbuka bagi siapa saja yang ingin mencari ilmu tentang dunia gadget. Dan yang lebih luar biasa adalah dengan banyaknya kegiatan yang ada di dalamnya, memberikan kita kesempatan untuk bisa lebih mengenal banyak orang, banyak teman yang berasal dari berbagai macam background profesi yang tersebar di seantero nusantara.

Namanya komunitas gadget maka segala bentuk masalah yang dialami gadget kita dapat diatasi dengan bergabung di forum iCITY. Sesama anggota tidak akan segan berbagi dan memberi solusinya jika salah satu anggota forum bertanya atau mengeluh tentang gadget mereka. Tidak salah lagi jika Forum iCITY dinobatkan sebagai wadah untuk berbagi Solusi Komunitas  dari berbagai macam masalah dunia gadget, menyelesaikan masalah layanan yang dihadapi, juga sekaligus forum untuk diskusi & berbagi informasi.

Hadirnya forum iCITY tidak terlepas dari peran berbagai macam komunitas yang terlebih dahulu bergabung. Adalah Komunitas Indosat Blackberry Community, Indosat Android Community dan Sahabat IM3 yang ada di belakang layar sehingga forum iCITY bisa melebarkan sayapnya hingga usianya yang pertama. Usia yang masih terbilang muda, namun dari situlah akan hadir kedua, ketiga dan seterusnya. Selamat ulang tahun Forum iCITY…tetaplah memberi terang dalam kegelapan untuk siapapun yang membutuhkanmu dengan Bank Solusi Komunitas yang selalu ada untukmu.

Badge Forum ICITY.jpg

Advertisements

6 thoughts on “Peran Komunitas dalam Forum iCITY

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s