#FOSSASIA 2015 Singapore

Apa itu FOSS Asia?

photo by Michael Cannon

FOSS Asia adalah event free open source software. Pertemuannya para developer dan komunitas open source se Asia. Tahun 2015 ini digelar di Singapura mulai tanggal 13 hingga 15 Maret. Pembukaan acaranya berlangsung di Biopolis Auditorium Level 2 Matrix, 30 Biopolis Street Singapore. Dan hari kedua digelar di Launchpad Campus. JIka membutuhkan info yang lebih lengkap, silahkan berkunjung ke websitenya.

Jumat, 13 Maret 2015

IMG_20150314_144927

Seperti yang saya ceritakan di postingan sebelumnya di sini, saya ikut meramaikan di event ini karena ikut membantu di booth Mozilla. Mozilla menjadi sponsor di FOSS Asia. Sejak pagi kami sudah meninggalkan hostel menuju venue. Untuk mempersiapkan booth yang akan dipakai oleh Mozilla. Namun sayangnya, ternyata paket swag yang dikirim dari kantor pusat Mozilla belum tiba. Jadinya hari pertama kami hanya mengikuti semua sesi dan sedikit memperkenalkan Firefox OS kepada para peserta lainnya. Dan pada hari pertama Mozilla diwakili oleh Gen Kanai berbicara tentang Firefox OS.

Sabtu, 14 Maret 2015

Hari kedua, acaranya digelar di Launchpad Campus. Konsep hari kedua dan ketiga adalah semacam kelas-kelas. Setiap kelas mempunyai sesi masing-masing yang akan dibawakan. Seperti halnya Mozilla, mempunyai kelas tersendiri dan akan membahas semua tentang Mozilla. Kabar gembiranya, swag yang akan dibagikan akhirnya tiba juga. Maka sibuklah kami mempersiapkan segalanya. Mulai dari menata booth untuk di lantai 5 dan lantai 2. Semua sudah punya tugas masing-masing. Untuk hari pertama di Mozilla Track, ada 13 topik yang akan dibahas. Di antaranya, Collaborative Webmaking using TogetherJS, Offline Communications in Firefox OS, Firefox Hello, Building an Open Source Community, Firefox OS as a Thin Platform, Combining Firefox OS with Webmaker, INFA-Internet for All, Appmaking is Now Diversified, Students Involvement in Mozilla’s project, Localization of Firefox Marketplace Apps, Performance Efficient JavaScript, Write once, Run anywhere – Develop Hybrid apps with Cordova dan Mobile Web Compatibility. Malam harinya, semua mozillian ditraktir oleh Gen Kanai di Steamboot Chinese Food.

Minggu, 15 Maret 2015

Hari ketiga juga merupakan hari terakhir di FOSS Asia. Belajar dari pengalaman kemarin, hanya sedikit yang datang ke kelas kami. Perlu sedikit kerja keras mengundang orang agar tertarik untuk datang. Kendala lainnya adalah karena kelas di lantai 5 tersembunyi dan tidak dilalui oleh peserta lainnya. Dengan ide Yoppie, pagi itu mulailah memasang poster -poster di tempat strategis agar mudah terlihat oleh peserta lain. Alhasil, dengan adanya poster yang ditempel di mana-mana, akhirnya peserta mulai berdatangan di Mozilla Track Lantai 5. Good job Yopie.

Sesi mozilla di hari terakhir tidak sebanyak dengan hari kedua kemarin. Dan semua sesi terisi oleh peserta. Nah hari terakhir ini juga dibagikan kaos Mozilla Firefox OS yang keren tetapi harus menyelesaikan tantangan yang diberikan. Untuk mendapatkan sesuatu harus melaluinya dengan penrjuangan bukan? Seperti halnya dengan kaos Mozilla ini, untuk mendapatkannya harus menemukan bugs yang ada pada mozbugsprint.org/e/fossasia-2015. Jika peserta tersebut berhasil menemukan bugsnya maka dia akan mendapatkan kaosnya.

Banyak pengalaman dan pelajaran yang dapat diambil dari FossAsia khususnya untuk Mozilla Session. Terlalu banyak topik yang dibahas soal tekhnis sehingga melupakan topik yang paling dasar yaitu bagaimana menjadi kontributor di Mozilla. Swag harus dikirim lebih cepat agar tidak terlambat seperti kemarin. Karena swag yang menjadi daya tariknya. Tapi apapun itu FOSS Asia sukses digelar. Dan untuk FOSS Asia tahun berikutnya tetap yang menjadi tuan rumah adalah Singapura.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s